kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 5:5-42 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
5:5 Ketika mendengar perkataan itu rebahlah Ananias dan putuslah nyawanya. Maka sangatlah ketakutan semua orang yang mendengar hal itu. 5:6 Lalu datanglah beberapa orang muda; mereka mengapani mayat itu, mengusungnya ke luar dan pergi menguburnya. 5:7 Kira-kira tiga jam kemudian masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. 5:8 Kata Petrus kepadanya: "Katakanlah kepadaku, dengan harga sekiankah tanah itu kamu jual?" Jawab perempuan itu: "Betul sekian." 5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar." 5:10 Lalu rebahlah perempuan itu seketika itu juga di depan kaki Petrus dan putuslah nyawanya. Ketika orang-orang muda itu masuk, mereka mendapati dia sudah mati, lalu mereka mengusungnya ke luar dan menguburnya di samping suaminya. 5:11 Maka sangat ketakutanlah seluruh jemaat dan semua orang yang mendengar hal itu.
Tanda-tanda dan mujizat-mujizat
5:12 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkumpul di Serambi Salomo dalam persekutuan yang erat. 5:13 Orang-orang lain tidak ada yang berani menggabungkan diri kepada mereka. Namun mereka sangat dihormati orang banyak. 5:14 Dan makin lama makin bertambahlah jumlah orang yang percaya kepada Tuhan, baik laki-laki maupun perempuan, 5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka. 5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.
Rasul-rasul dilepaskan dari penjara
5:17 Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mereka sangat iri hati. 5:18 Mereka menangkap rasul-rasul itu, lalu memasukkan mereka ke dalam penjara kota. 5:19 Tetapi waktu malam seorang malaikat Tuhan membuka pintu-pintu penjara itu dan membawa mereka ke luar, katanya: 5:20 "Pergilah, berdirilah di Bait Allah dan beritakanlah seluruh firman hidup itu kepada orang banyak." 5:21 Mereka mentaati pesan itu, dan menjelang pagi masuklah mereka ke dalam Bait Allah, lalu mulai mengajar di situ. Sementara itu Imam Besar dan pengikut-pengikutnya menyuruh Mahkamah Agama berkumpul, yaitu seluruh majelis tua-tua bangsa Israel, dan mereka menyuruh mengambil rasul-rasul itu dari penjara. 5:22 Tetapi ketika pejabat-pejabat datang ke penjara, mereka tidak menemukan rasul-rasul itu di situ. Lalu mereka kembali dan memberitahukan, 5:23 katanya: "Kami mendapati penjara terkunci dengan sangat rapihnya dan semua pengawal ada di tempatnya di muka pintu, tetapi setelah kami membukanya, tidak seorangpun yang kami temukan di dalamnya." 5:24 Ketika kepala pengawal Bait Allah dan imam-imam kepala mendengar laporan itu, mereka cemas dan bertanya apa yang telah terjadi dengan rasul-rasul itu. 5:25 Tetapi datanglah seorang mendapatkan mereka dengan kabar: "Lihat, orang-orang yang telah kamu masukkan ke dalam penjara, ada di dalam Bait Allah dan mereka mengajar orang banyak."
Rasul-rasul di hadapan Mahkamah Agama -- Nasihat Gamaliel
5:26 Maka pergilah kepala pengawal serta orang-orangnya ke Bait Allah, lalu mengambil kedua rasul itu, tetapi tidak dengan kekerasan, karena mereka takut, kalau-kalau orang banyak melempari mereka. 5:27 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, 5:28 katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami." 5:29 Tetapi Petrus dan rasul-rasul itu menjawab, katanya: "Kita harus lebih taat kepada Allah dari pada kepada manusia. 5:30 Allah nenek moyang kita telah membangkitkan Yesus, yang kamu gantungkan pada kayu salib dan kamu bunuh. 5:31 Dialah yang telah ditinggikan oleh Allah sendiri dengan tangan kanan-Nya menjadi Pemimpin dan Juruselamat, supaya Israel dapat bertobat dan menerima pengampunan dosa. 5:32 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia." 5:33 Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu. 5:34 Tetapi seorang Farisi dalam Mahkamah Agama itu, yang bernama Gamaliel, seorang ahli Taurat yang sangat dihormati seluruh orang banyak, bangkit dan meminta, supaya orang-orang itu disuruh keluar sebentar. 5:35 Sesudah itu ia berkata kepada sidang: "Hai orang-orang Israel, pertimbangkanlah baik-baik, apa yang hendak kamu perbuat terhadap orang-orang ini! 5:36 Sebab dahulu telah muncul si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa dan ia mempunyai kira-kira empat ratus orang pengikut; tetapi ia dibunuh dan cerai-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap. 5:37 Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk, muncullah si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan cerai-berailah seluruh pengikutnya. 5:38 Karena itu aku berkata kepadamu: Janganlah bertindak terhadap orang-orang ini. Biarkanlah mereka, sebab jika maksud dan perbuatan mereka berasal dari manusia, tentu akan lenyap, 5:39 tetapi kalau berasal dari Allah, kamu tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini; mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah." Nasihat itu diterima. 5:40 Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah mereka dan melarang mereka mengajar dalam nama Yesus. Sesudah itu mereka dilepaskan. 5:41 Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama Yesus. 5:42 Dan setiap hari mereka melanjutkan pengajaran mereka di Bait Allah dan di rumah-rumah orang dan memberitakan Injil tentang Yesus yang adalah Mesias.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Ananias the husband of Sapphira,a man of Damascus who was told of Saul's conversion by the Lord,a high priest at Jerusalem
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gamaliel a man who was a highly regarded Pharisee and a member of the Sanhedrin,son of Pedahzur; Moses' officer over the tribe of Manasseh
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Salma the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Salomo the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · seorang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Teudas man who led an unsuccessful rebellion against Rome
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yudas a son of Mary and Joseph; half-brother of Jesus)


Topik/Tema Kamus: Petrus | Yohanes (Rasul) | Herodes | Bait Allah /Bait Suci | Gamaliel | Ananias | Sidang, Persidangan Pengadilan | Imam Besar | Bijaksana, Kebijaksanaan | Hukum, Hukuman | Serakah, Keserakahan | Mukjizat Melalui Perantaraan | Aku, Pengakuan Terhadap Kristus | Kubur, Penguburan | Orang Saduki | Pendamaian (Korban Kristus) | Orang Fasik | Taat | Mati, Kematian Orang Fasik | Imam Agung atau Imam Besar | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 5:5 - REBAHLAH ANANIAS DAN PUTUSLAH NYAWANYA. Nas : Kis 5:5 Allah dengan tegas menghukum Ananias dan Safira (ayat Kis 5:5,10) supaya menunjukkan kebencian-Nya terhadap semua penipuan dan ketida...

Nas : Kis 5:5

Allah dengan tegas menghukum Ananias dan Safira (ayat Kis 5:5,10) supaya menunjukkan kebencian-Nya terhadap semua penipuan dan ketidakjujuran dalam kerajaan Allah. Salah satu dosa yang paling buruk ialah menipu umat Allah mengenai hubungan saudara dengan Yesus Kristus, pekerjaan saudara bagi Dia dan luasnya pelayananmu. Bertindak secara munafik ini berarti menggunakan darah Kristus yang sudah tercurah untuk mempermuliakan diri di hadapan orang lain. Dosa ini mengabaikan maksudnya Kristus menderita dan mati (Ef 1:4; Ibr 13:12), yang menunjukkan bahwa kita tidak takut akan Allah (ayat Kis 5:5,11) dan tidak menghormati Roh Kudus (ayat Kis 5:3); jelas sikap itu layak menerima hukuman Allah yang adil (bd. Ul 6:1,2).

Full Life: Kis 5:11 - SANGAT KETAKUTANLAH SELURUH JEMAAT. Nas : Kis 5:11 Hukuman Allah atas Ananias dan Safira menyebabkan peningkatan sifat rendah hati, rasa kagum dan ketakutan. Tanpa ketakutan yang patu...

Nas : Kis 5:11

Hukuman Allah atas Ananias dan Safira menyebabkan peningkatan sifat rendah hati, rasa kagum dan ketakutan. Tanpa ketakutan yang patut terhadap Allah yang suci dan murka-Nya terhadap dosa, umat Allah akan segera kembali kepada cara-cara dunia yang jahat, tidak lagi mengalami pencurahan Roh dan kehadiran Allah yang ajaib, serta terputus dari aliran kasih karunia Allah. Takut akan Tuhan merupakan unsur yang perlu dalam iman dan kekristenan alkitabiah masa kini

(lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).

Full Life: Kis 5:16 - MEREKA SEMUA DISEMBUHKAN. Nas : Kis 5:16 Para rasul melakukan apa yang dilakukan oleh Tuhan sendiri; mereka menyembuhkan orang yang dirasuk setan (lih. Mr 1:34). Kenyataan i...

Nas : Kis 5:16

Para rasul melakukan apa yang dilakukan oleh Tuhan sendiri; mereka menyembuhkan orang yang dirasuk setan (lih. Mr 1:34). Kenyataan ini menjadi tanda yang terpenting bahwa kerajaan Allah telah datang dengan kuasa di antara manusia

(lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN).

Tidak pernah salah untuk berdoa supaya melalui Roh Kudus kita dapat melakukan hal-hal yang baik dan menyembuhkan mereka yang sakit dan dikuasai setan (Kis 4:30;

lihat art. PENYEMBUHAN ILAHI).

Full Life: Kis 5:29 - LEBIH TAAT KEPADA ALLAH DARIPADA KEPADA MANUSIA. Nas : Kis 5:29 Pertanyaan yang harus senantiasa ditanyakan oleh orang percaya ialah, "Apa yang berkenan di hadapan Allah?" dan bukan, "Apakah hal i...

Nas : Kis 5:29

Pertanyaan yang harus senantiasa ditanyakan oleh orang percaya ialah, "Apa yang berkenan di hadapan Allah?" dan bukan, "Apakah hal itu bijaksana, aman, menyenangkan dan disukai orang lain?" (bd. Gal 1:10).

Full Life: Kis 5:32 - ROH KUDUS ... KEPADA SEMUA ORANG YANG MENAATI DIA. Nas : Kis 5:32 Apabila tidak ada ketaatan yang benar kepada Kristus atau usaha yang sungguh-sungguh untuk mencari kebenaran kerajaan Allah (Mat 6:3...

Nas : Kis 5:32

Apabila tidak ada ketaatan yang benar kepada Kristus atau usaha yang sungguh-sungguh untuk mencari kebenaran kerajaan Allah (Mat 6:33; Rom 14:17), maka setiap pengakuan dipenuhi oleh Roh Kudus tidak sah. Pentakosta tanpa ke-Tuhanan Kristus itu mustahil (bd. Kis 2:38-42), karena Roh Kudus dengan penuh kuasa diberikan hanya kepada mereka yang hidup "taat kepada nama-Nya" (Rom 1:5;

lihat art. KRITERIA UNTUK BAPTISAN DALAM ROH).

Jerusalem: Kis 5:10 - menguburnya di samping suaminya Kesalahan Ananias dan Safira ialah: karena terlalu suka akan uang mereka berusaha menipu para rasul dan dengan jalan itu tengah saudara-saudara.

Kesalahan Ananias dan Safira ialah: karena terlalu suka akan uang mereka berusaha menipu para rasul dan dengan jalan itu tengah saudara-saudara.

Jerusalem: Kis 5:11 - jemaat Istilah (ekklesia/gereja) itu diambil dari peristilahan perjanjian dahulu, bdk Kis 7:38, dan diterapkan pada jemaat Mesias, Mat 16:18+. Dengan berkemb...

Istilah (ekklesia/gereja) itu diambil dari peristilahan perjanjian dahulu, bdk Kis 7:38, dan diterapkan pada jemaat Mesias, Mat 16:18+. Dengan berkembangnya agama Kristen maka arti istilah itu semakin diperluas: mula-mula jemaat ialah jemaat di Yerusalem, Kis 8:1; 11:22, dll lalu semua jemaat di daerah Yudea, Gal 1:22; 1Te 2:14; bdk Kis 9:31, dan yang di antara orang-orang bukan Yahudi, Kis 13:1; 14:23; 15:41; 16:5; Rom 16:1,4; 1Ko 1:2+, dll; Yak 5:14; 3Yo 9; Wah 1:4; 2:1 dll, sidang jemaat-jemaat itu, 1Ko 11:18; 14:23,34, dll, bdk Kis 19:32, dan tempat mereka berkumpul, Rom 16:5; Kol 4:15; File 2, dan akhirnya Gereja dengan arti teologis, Kis 20:28; 1Ko 10:32; 12:28, dll, sebagai Tubuh dan Mempelai Kristus, Kol 1:18+; Efe 5:23-32, serta kepenuhanNya yang bersifat kosmis, Efe 1:23+.

Jerusalem: Kis 5:12-16 - -- Ringkasan yang ketiga ini menonjolkan kekuasaan para rasul dalam membuat mujizat, bdk Kis 2:43; 4:33. Kis 5:12-14 memutuskan jalan pikiran.

Ringkasan yang ketiga ini menonjolkan kekuasaan para rasul dalam membuat mujizat, bdk Kis 2:43; 4:33. Kis 5:12-14 memutuskan jalan pikiran.

Jerusalem: Kis 5:12 - Semua orang percaya Teks Yunani hanya berkata: semua. Tetapi yang dimaksudkan kiranya bukan para rasul, melainkan semua orang percaya.

Teks Yunani hanya berkata: semua. Tetapi yang dimaksudkan kiranya bukan para rasul, melainkan semua orang percaya.

Jerusalem: Kis 5:14 - jumlah orang yang percaya kepada Tuhan Terjemahan lain tetapi kiranya kurang tepat: "semakin banyak orang menggabungkan diri (dengan jemaat), mereka yang percaya kepada Tuhan". Bdk Kis 11:2...

Terjemahan lain tetapi kiranya kurang tepat: "semakin banyak orang menggabungkan diri (dengan jemaat), mereka yang percaya kepada Tuhan". Bdk Kis 11:24.

Jerusalem: Kis 5:17 - Imam Besar Var: Hanas, Imam Besar. Bdk Kis 4:6.

Var: Hanas, Imam Besar. Bdk Kis 4:6.

Jerusalem: Kis 5:20 - seluruh firman hidup Maksudnya kabar keselamatan, Kis 13:26. Pewartaan Kristen justru mengenai "keselamatan", bdk Kis 4:12; 11:14; 15:11; 16:17,30-31, dan "kehidupan", bdk...

Maksudnya kabar keselamatan, Kis 13:26. Pewartaan Kristen justru mengenai "keselamatan", bdk Kis 4:12; 11:14; 15:11; 16:17,30-31, dan "kehidupan", bdk Kis 3:15; 11:18; 13:46,48, yang dijanjikan kepada mereka "yang berseru kepada nama Tuhan", Kis 2:21,40,47; 4:12.

Jerusalem: Kis 5:21 - majelis tua-tua Ini sama dengan Mahkamah Agama, ialah Sanhedrin Agung di Yerusalem bdk Luk 22:66+.

Ini sama dengan Mahkamah Agama, ialah Sanhedrin Agung di Yerusalem bdk Luk 22:66+.

Jerusalem: Kis 5:28-29 - -- Teks barat dalam ayat-ayat ini berbeda dengan teks yang lazim. Bunyinya: bukankah dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu? Namun terny...

Teks barat dalam ayat-ayat ini berbeda dengan teks yang lazim. Bunyinya: bukankah dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu? Namun ternyata kamu...Tetapi Petrus menjawab, katanya: "Kepada siapakah orang harus taat, kepada Allah atau kepada manusia?" Jawabnya: "Kepada Allah". Maka berkatalah Petrus: Allah nenek moyang...

Jerusalem: Kis 5:30 - kamu gantungkan pada kayu salib Ungkapan ini terulang dalamKis 10:39 (bdk Kis 13:29). Ia menyinggung Ula 21:23, yang dikutip dalam Gal 3:13, bdk 1Pe 2:24.

Ungkapan ini terulang dalamKis 10:39 (bdk Kis 13:29). Ia menyinggung Ula 21:23, yang dikutip dalam Gal 3:13, bdk 1Pe 2:24.

Jerusalem: Kis 5:31 - Pemimpin dan Juruselamat Ungkapan ini adalah searti dengan "Pemimpin kepada hidup", Kis 3:15+; iapun bersesuaian dengan julukan "pemimpin dan penyelamat", sebagaimana yang dik...

Ungkapan ini adalah searti dengan "Pemimpin kepada hidup", Kis 3:15+; iapun bersesuaian dengan julukan "pemimpin dan penyelamat", sebagaimana yang dikatakan tentang Musa, Kis 7:35 (bdk Kis 7:25), yang merupakan pralambang Kristus. Lihat juga Ibr 2:10,12:2. Ada sebuah kesejajaran tersembunyi antara Yesus dan Musa.

Jerusalem: Kis 5:32 - kami dan Roh Kudus Bdk Mat 10:20 dsj; Yoh 15:26-27; Kis 1:8; Luk 12:12.

Jerusalem: Kis 5:34 - Gamaliel Ialah Gamaliel I yang menjadi guru Paulus, Kis 22:3. Ia merupakan ahli waris pemikiran Rabi Hillel dan menjadi wakil utama dari aliran antara kaum Far...

Ialah Gamaliel I yang menjadi guru Paulus, Kis 22:3. Ia merupakan ahli waris pemikiran Rabi Hillel dan menjadi wakil utama dari aliran antara kaum Farisi yang lebih lunak dan manusiawi dalam mengetrapkan hukum Taurat. Turun tangannya di sini bersesuaian dengan sikap umum kalangan kaum Farisi, bdk Kis 4:1+.

Jerusalem: Kis 5:36 - si Teudas Pemberontak Teudas dan Yudas (bdk Kis 5:37) disebutkan juga oleh sejarawan Yahudi Yosefus. Tetapi waktu yang ditentukan oleh Yosefus kurang pasti. Ked...

Pemberontak Teudas dan Yudas (bdk Kis 5:37) disebutkan juga oleh sejarawan Yahudi Yosefus. Tetapi waktu yang ditentukan oleh Yosefus kurang pasti. Kedua pemberontakan tsb. kiranya terjadi sekitar waktu Yesus lahir.

Jerusalem: Kis 5:38-39 - -- Ada sebuah var dalam ayat-ayat ini yang menekankan ketahiran rituil. Bunyinya sbb; ... Biarkanlah mereka dan jangan menajiskan tanganmu. Sebab jika ma...

Ada sebuah var dalam ayat-ayat ini yang menekankan ketahiran rituil. Bunyinya sbb; ... Biarkanlah mereka dan jangan menajiskan tanganmu. Sebab jika maksud ... kamu, atau raja-raja atau penguasa-penguasa tidak akan dapat melenyapkan orang-orang ini, kalau-kalau nanti kamu melawan Allah.

Jerusalem: Kis 5:41 - Nama Yesus Yunaninya: Nama itu. Nama itu, yang oleh karenanya para rasul menderita, bdk Kis 21:13; 1Pe 4:14; 3Yo 7, yang mereka wartakan, Kis 4:10,12,17-18; 5:28...

Yunaninya: Nama itu. Nama itu, yang oleh karenanya para rasul menderita, bdk Kis 21:13; 1Pe 4:14; 3Yo 7, yang mereka wartakan, Kis 4:10,12,17-18; 5:28,40; bdk Kis 3:6,16; 9:15,16,27,28, dan yang kepadaNya orang-orang Kristen berseru, Kis 2:21; 4:12; 9:14,21; 22:16, ialah Nama Yesus yang tak terpisahkan dari pribadiNya, Kis 3:16+, dan yang diterimaNya waktu dibangkitkan, Kis 2:36+, ialah nama Tuhan yang sampai waktu itu merupakan hak khusus Allah, Fili 2:9-11+.

Jerusalem: Kis 5:42 - Injil Injil Kerajaan, Mar 1:1+, yang oleh murid-murid Yesus diberitakan, yaitu "firman" (Injil) yang mereka wartakan, Kis 8:4,25,40; 14:7,15,21; 16:10+; bdk...

Injil Kerajaan, Mar 1:1+, yang oleh murid-murid Yesus diberitakan, yaitu "firman" (Injil) yang mereka wartakan, Kis 8:4,25,40; 14:7,15,21; 16:10+; bdk juga Kis 15:7; 20:24, itu bagi umat Kristen semula mengenai diri Yesus, Kis 8:35, yang oleh Allah dibangkitkan dari antara orang mati, Kis 13:32 dst; Kis 17:18; bdk Kis 2:23+; Kis 9:20, dan telah menjadi Anak Allah yang berkuasa, bdk Rom 1:1+, atau "Kristus" (Mesias), Kis 5:42; 8:12; bdk Kis 9:22, dan Tuhan. Kis 10:36; 11:20; 15:35; bdk Kis 2:36+.

Ende: Kis 5:11 - Umat Kata asli bahasa ialah "ekklesia". Istilah itu digunakan dalam Septuaginta untuk seluruh umat Israel. Terdapat pula dalam Mat 16:18 untuk seluruh Kera...

Kata asli bahasa ialah "ekklesia". Istilah itu digunakan dalam Septuaginta untuk seluruh umat Israel. Terdapat pula dalam Mat 16:18 untuk seluruh Keradjaan Allah jang baru.Dalam Kis. Ras. (dan surat-surat Paulus) dipakai untuk umat Jerusalem, umat-umat setempat, seluruh umat Kristus, dan untuk perkumpulan-perkumpulan umat jang resmi. Sedapat mungkin dalam teks kami menterdjemahkan tetap dengan "umat". Kami rasa istilah ini lebih mengesankan daripada istilah "geredja".

Ende: Kis 5:20 - Indjil kehidupan jang memperkenalkan hidup abadi dan mewudjudkannja.

jang memperkenalkan hidup abadi dan mewudjudkannja.

Ende: Kis 5:34 - Gamaliel Djuga Paulus pernah duduk beladjar didepan kakinja (Kis 22:3).

Djuga Paulus pernah duduk beladjar didepan kakinja (Kis 22:3).

Ende: Kis 5:36-37 - -- Pemberontakan ini djadi kira-kira diwaktu kelahiran Jesus.

Pemberontakan ini djadi kira-kira diwaktu kelahiran Jesus.

Ende: Kis 5:40 - Dengan nama Jesus dengan menjebut nama Jesus, tetapi jang dimaksudkan sebenarnja: tentang Jesus.

dengan menjebut nama Jesus, tetapi jang dimaksudkan sebenarnja: tentang Jesus.

Ref. Silang FULL: Kis 5:5 - putuslah nyawanya // sangatlah ketakutan · putuslah nyawanya: Kis 5:10; Mazm 5:7 · sangatlah ketakutan: Kis 5:11

· putuslah nyawanya: Kis 5:10; Mazm 5:7

· sangatlah ketakutan: Kis 5:11

Ref. Silang FULL: Kis 5:6 - mayat itu · mayat itu: Yoh 19:40

· mayat itu: Yoh 19:40

Ref. Silang FULL: Kis 5:8 - Betul sekian · Betul sekian: Kis 5:2

· Betul sekian: Kis 5:2

Ref. Silang FULL: Kis 5:9 - Roh Tuhan · Roh Tuhan: Kis 5:3

· Roh Tuhan: Kis 5:3

Ref. Silang FULL: Kis 5:10 - putuslah nyawanya // samping suaminya · putuslah nyawanya: Kis 5:5 · samping suaminya: Kis 5:6

· putuslah nyawanya: Kis 5:5

· samping suaminya: Kis 5:6

Ref. Silang FULL: Kis 5:11 - sangat ketakutanlah · sangat ketakutanlah: Kis 5:5; Kis 19:17

· sangat ketakutanlah: Kis 5:5; Kis 19:17

Ref. Silang FULL: Kis 5:12 - dan mujizat // selalu berkumpul // Serambi Salomo · dan mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48; Kis 2:43 · selalu berkumpul: Kis 4:32 · Serambi Salomo: Yoh 10:23; Kis 3:11

· dan mujizat: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]; Kis 2:43

· selalu berkumpul: Kis 4:32

· Serambi Salomo: Yoh 10:23; Kis 3:11

Ref. Silang FULL: Kis 5:13 - orang banyak · orang banyak: Kis 2:47; 4:21

· orang banyak: Kis 2:47; 4:21

Ref. Silang FULL: Kis 5:14 - bertambahlah jumlah · bertambahlah jumlah: Kis 2:41; Kis 2:41

· bertambahlah jumlah: Kis 2:41; [Lihat FULL. Kis 2:41]

Ref. Silang FULL: Kis 5:15 - Petrus lewat · Petrus lewat: Kis 19:12

· Petrus lewat: Kis 19:12

Ref. Silang FULL: Kis 5:16 - semua disembuhkan · semua disembuhkan: Mat 8:16; Mr 16:17; Mr 16:17

· semua disembuhkan: Mat 8:16; Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: Kis 5:17 - dari mazhab // Saduki · dari mazhab: Kis 15:5 · Saduki: Kis 4:1; Kis 4:1

· dari mazhab: Kis 15:5

· Saduki: Kis 4:1; [Lihat FULL. Kis 4:1]

Ref. Silang FULL: Kis 5:18 - dalam penjara · dalam penjara: Kis 4:3

· dalam penjara: Kis 4:3

Ref. Silang FULL: Kis 5:19 - seorang malaikat // penjara itu // ke luar · seorang malaikat: Kej 16:7; Kel 3:2; Mat 1:20; 2:13,19; 28:2; Luk 1:11; 2:9; Yoh 20:12; Yoh 20:12; Kis 8:26; 10:3; 12:7,23; 27:23 · pe...

· seorang malaikat: Kej 16:7; Kel 3:2; Mat 1:20; 2:13,19; 28:2; Luk 1:11; 2:9; Yoh 20:12; [Lihat FULL. Yoh 20:12]; Kis 8:26; 10:3; 12:7,23; 27:23

· penjara itu: Kis 16:26

· ke luar: Mazm 34:8

Ref. Silang FULL: Kis 5:20 - hidup itu · hidup itu: Yoh 6:63,68

· hidup itu: Yoh 6:63,68

Ref. Silang FULL: Kis 5:21 - dan pengikut-pengikutnya // Mahkamah Agama · dan pengikut-pengikutnya: Kis 4:5,6 · Mahkamah Agama: Kis 5:27,34,41; Mat 5:22; Mat 5:22

· dan pengikut-pengikutnya: Kis 4:5,6

· Mahkamah Agama: Kis 5:27,34,41; Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Kis 5:22 - di situ · di situ: Kis 12:18,19

· di situ: Kis 12:18,19

Ref. Silang FULL: Kis 5:24 - imam-imam kepala · imam-imam kepala: Kis 4:1

· imam-imam kepala: Kis 4:1

Ref. Silang FULL: Kis 5:26 - orang banyak · orang banyak: Kis 4:21

· orang banyak: Kis 4:21

Ref. Silang FULL: Kis 5:27 - Mahkamah Agama · Mahkamah Agama: Mat 5:22; Mat 5:22

· Mahkamah Agama: Mat 5:22; [Lihat FULL. Mat 5:22]

Ref. Silang FULL: Kis 5:28 - Nama itu // menanggungkan darah · Nama itu: Kis 4:18 · menanggungkan darah: Mat 23:35; 27:25; Kis 2:23,36; 3:14,15; 7:52

· Nama itu: Kis 4:18

· menanggungkan darah: Mat 23:35; 27:25; Kis 2:23,36; 3:14,15; 7:52

Ref. Silang FULL: Kis 5:29 - kepada manusia · kepada manusia: Kel 1:17; Kis 4:19

· kepada manusia: Kel 1:17; Kis 4:19

Ref. Silang FULL: Kis 5:30 - nenek moyang // telah membangkitkan // kayu salib · nenek moyang: Kis 3:13; Kis 3:13 · telah membangkitkan: Kis 2:24; Kis 2:24 · kayu salib: Kis 10:39; 13:29; Gal 3:13

· nenek moyang: Kis 3:13; [Lihat FULL. Kis 3:13]

· telah membangkitkan: Kis 2:24; [Lihat FULL. Kis 2:24]

· kayu salib: Kis 10:39; 13:29; Gal 3:13

Ref. Silang FULL: Kis 5:31 - tangan kanan-Nya // dan Juruselamat // pengampunan dosa · tangan kanan-Nya: Mr 16:19; Mr 16:19 · dan Juruselamat: Luk 2:11; Luk 2:11 · pengampunan dosa: Mat 1:21; Mat 1:21; Mr 1:4; Luk ...

· tangan kanan-Nya: Mr 16:19; [Lihat FULL. Mr 16:19]

· dan Juruselamat: Luk 2:11; [Lihat FULL. Luk 2:11]

· pengampunan dosa: Mat 1:21; [Lihat FULL. Mat 1:21]; Mr 1:4; Luk 24:47; Kis 2:38; 3:19; 10:43

Ref. Silang FULL: Kis 5:32 - sesuatu itu // Roh Kudus · sesuatu itu: Luk 24:48; Luk 24:48 · Roh Kudus: Yoh 15:26

· sesuatu itu: Luk 24:48; [Lihat FULL. Luk 24:48]

· Roh Kudus: Yoh 15:26

Ref. Silang FULL: Kis 5:33 - tertusuk hati · tertusuk hati: Kis 2:37; 7:54

· tertusuk hati: Kis 2:37; 7:54

Ref. Silang FULL: Kis 5:34 - bernama Gamaliel // ahli Taurat · bernama Gamaliel: Kis 22:3 · ahli Taurat: Luk 2:46; 5:17

· bernama Gamaliel: Kis 22:3

· ahli Taurat: Luk 2:46; 5:17

Ref. Silang FULL: Kis 5:37 - pendaftaran penduduk · pendaftaran penduduk: Luk 2:1,2

· pendaftaran penduduk: Luk 2:1,2

Ref. Silang FULL: Kis 5:38 - akan lenyap · akan lenyap: Mat 15:13

· akan lenyap: Mat 15:13

Ref. Silang FULL: Kis 5:39 - melawan Allah · melawan Allah: 2Taw 13:12; Ams 21:30; Yes 46:10; Kis 7:51; 11:17

Ref. Silang FULL: Kis 5:40 - lalu menyesah · lalu menyesah: Mat 10:17; Mat 10:17

· lalu menyesah: Mat 10:17; [Lihat FULL. Mat 10:17]

Ref. Silang FULL: Kis 5:41 - dengan gembira // Nama Yesus · dengan gembira: Mat 5:12; Mat 5:12 · Nama Yesus: Yoh 15:21; Yoh 15:21

· dengan gembira: Mat 5:12; [Lihat FULL. Mat 5:12]

· Nama Yesus: Yoh 15:21; [Lihat FULL. Yoh 15:21]

Ref. Silang FULL: Kis 5:42 - Bait Allah // memberitakan Injil // adalah Mesias · Bait Allah: Kis 2:46; Kis 2:46 · memberitakan Injil: Kis 13:32; Kis 13:32 · adalah Mesias: Kis 9:22; Kis 9:22

· Bait Allah: Kis 2:46; [Lihat FULL. Kis 2:46]

· memberitakan Injil: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]

· adalah Mesias: Kis 9:22; [Lihat FULL. Kis 9:22]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 5:1-11 - Perkara Ananias dan Safira Dalam pasal ini terdapat, I. Dosa dan penghukuman Ananias dan Safira, yang, karena berdusta kepada Roh Kudus, tewas seketika oleh perk...

Matthew Henry: Kis 5:12-16 - Kemajuan Injil Kemajuan Injil ( Kis 5:12-16) Di sini kita menjumpai gambaran tentang kemajuan Injil, meskipun penghakiman dahsyat menimpa dua orang munafik. ...

Matthew Henry: Kis 5:17-25 - Malaikat Tuhan Membebaskan Para Rasul dari Penjara Malaikat Tuhan Membebaskan Para Rasul dari Penjara ( Kis 5:17-25) Tidak pernah ada pekerjaan baik yang memiliki harapan untuk berhasil terus berlan...

Matthew Henry: Kis 5:26-42 - Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel Penangkapan dan Pemeriksaan Para Rasul; Nasihat Gamaliel ( Kis 5:26-42) Kita tidak diberi tahu apa yang dikhotbahkan para rasul kepada orang bany...

SH: Kis 5:1-11 - Musuh dalam selimut (Senin, 31 Mei 1999) Musuh dalam selimut Gereja yang dipenuhi Roh Kudus, tidak menjamin bahwa semuanya penuh keindahan dan kebenaran. Setelah musuh dari luar tidak m...

SH: Kis 5:1-11 - Hormati Tuhan (Rabu, 18 Juni 2003) Hormati Tuhan Kisah Ananias dan Safira merupakan salah satu kisah paling tragis yang dicatat di Alkitab. Tragis karena beberapa penyebab. P...

SH: Kis 5:1-11 - Disiplin untuk memurnikan umat (Rabu, 17 Juni 2009) Disiplin untuk memurnikan umat Apa tujuan disiplin gereja ditegakkan? Agar dosa tidak dianggap sepele. Kita tahu bahwa Perjanjian Lama sangat me...

SH: Kis 5:1-11 - Dengan motivasi yang kudus (Rabu, 22 Juni 2011) Dengan motivasi yang kudus Jemaat mula-mula yang begitu dinamis dan bertumbuh karena karya Allah yang begitu nyata melalui Roh Kudus-Nya, harus terno...

SH: Kis 5:1-11 - Hidup Jujur (Senin, 28 Mei 2018) Hidup Jujur Kehidupan dalam dunia ini penuh dengan misteri dan sering tidak terduga. Berbagai peristiwa dan kejadian silih berganti. Ada kalanya kaba...

SH: Kis 5:12-25 - Kehadiran Allah dalam gereja yang berkembang terus (Selasa, 1 Juni 1999) Kehadiran Allah dalam gereja yang berkembang terus Banyak orang datang untuk mendengarkan khotbah mereka dan melihat banyak orang sakit disembuh...

SH: Kis 5:12-20 - Beriman meski tidak melihat (Kamis, 19 Juni 2003) Beriman meski tidak melihat Kekristenan bukanlah filsafat manusia; kekristenan adalah iman pada Allah yang hidup yang telah menyatakan diri-Nya ...

SH: Kis 5:12-16 - Kuasa Allah dan persekutuan umat (Kamis, 18 Juni 2009) Kuasa Allah dan persekutuan umat Apa yang membedakan gereja perdana dengan gereja-gereja masa kini pada umumnya? Gereja mula-mula penuh dengan k...

SH: Kis 5:12-16 - Kemurnian gereja (Kamis, 23 Juni 2011) Kemurnian gereja Tuhan kita adalah Allah yang Maha kasih, tetapi juga Maha kudus. Karena itu Ia tidak akan membiarkan seorang pun mempermainkan Dia d...

SH: Kis 5:12-25 - Makin Dihambat, Makin Merambat (Selasa, 29 Mei 2018) Makin Dihambat, Makin Merambat Allah tiada hentinya berkarya dengan kuasa-Nya dalam perluasan Injil dan perkembangan gereja-Nya. Hal itu tampak pada ...

SH: Kis 5:17-25 - Tak ada kata menyerah (Jumat, 19 Juni 2009) Tak ada kata menyerah Bagaimana sikap seharusnya gereja menghadapi penganiayaan? Adalah fakta di negara kita bahwa jumlah gereja yang dibakar, d...

SH: Kis 5:17-25 - Injil yang tidak terbelenggu (Jumat, 24 Juni 2011) Injil yang tidak terbelenggu Gereja yang sehat dan bertumbuh bukan merupakan jaminan bahwa tak akan ada masalah dan tantangan, baik dari dalam maupun...

SH: Kis 5:21-33 - Tidak selalu berani tetapi tidak selalu takut (Jumat, 20 Juni 2003) Tidak selalu berani tetapi tidak selalu takut Corrie ten Boom memahami artinya penjara dan ketidakadilan. Beserta dengan keluarganya ia ditangka...

SH: Kis 5:26-42 - Tekanan yang semakin berat (Rabu, 2 Juni 1999) Tekanan yang semakin berat Para rasul kembali ditangkap, namun Petrus tetap memiliki keberanian untuk memberitakan Yesus : "yang kamu gantungkan...

SH: Kis 5:26-42 - Batu uji kebenaran (Minggu, 21 Juni 2009) Batu uji kebenaran Apa yang membuat kekristenan bertahan bahkan terus menjadi terang firman Allah bagi dunia yang dalam kegelapan ini? Bukan kar...

SH: Kis 5:26-42 - Setia dan berani (Sabtu, 25 Juni 2011) Setia dan berani Bila kita membaca majalah "Open Doors" dan "Kasih Dalam Perbuatan", kita akan melihat banyak gereja dan orang Kristen di berbagai be...

SH: Kis 5:26-42 - Ketaatan (Rabu, 30 Mei 2018) Ketaatan Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata "taat" dimaknai sebagai kepatuhan, kesetiaan, dan kesalehan. Memang harus diakui bahwa untuk mencap...

SH: Kis 5:34-42 - Bagaimanakah Tuhan menolong kita? (Sabtu, 21 Juni 2003) Bagaimanakah Tuhan menolong kita? Ada banyak cara yang Tuhan gunakan untuk menolong anak-anak-Nya, salah satunya adalah dengan menempatkan orang...

Utley: Kis 5:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:1-61 Ada seorang lain yang bernama Ananias. Ia beserta isterinya Safira menjual sebidang tanah, 2 aDengan setahu isteriny...

Utley: Kis 5:7-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:7-117 Kira-kira tiga jam kemudian, masuklah isteri Ananias, tetapi ia tidak tahu apa yang telah terjadi. 8 Kata Petrus ke...

Utley: Kis 5:12-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:12-1612 Dan oleh rasul-rasul diadakan banyak tanda dan mujizat di antara orang banyak. Semua orang percaya selalu berkump...

Utley: Kis 5:17-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:17-2617 Akhirnya mulailah Imam Besar dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab Saduki, bertindak sebab mere...

Utley: Kis 5:27-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:27-3227 Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama. Imam Besar mulai menanyai mereka, 28 katan...

Utley: Kis 5:33-39 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:33-3933 Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu. 34 Tetapi s...

Utley: Kis 5:40-42 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 5:40-4240 Nasihat itu diterima. Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah mereka dan melarang mereka mengajar dalam N...

Topik Teologia: Kis 5:5 - -- Gereja Gereja Mengalami Disiplin Ilahi Kis 5:3-11 Ibr 12:7-11 Wah 3:18-19 Disiplin dalam Gereja Mat 18:15-18 Yoh 20:23 Kis 5:...

Topik Teologia: Kis 5:7 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Penipuan Dusta dan Kepalsuan Kel 20:16 Ayu 15:35 Ayu 21:34 Ayu 24:25 Ayu 31:...

Topik Teologia: Kis 5:9 - -- Roh Kudus Roh yang Dapat Diuji Kis 5:9 Roh Tuhan Yes 11:2 Luk 4:18 Kis 5:9 Kis 8:39 Mendusta...

Topik Teologia: Kis 5:11 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Takut kepada Allah Contoh-contoh Mereka yang Takut kepada Allah ...

Topik Teologia: Kis 5:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemeliharaan Khusus dari Allah Pengesahan Mujizat-mujizat ...

Topik Teologia: Kis 5:13 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Nama-nama Untuk Orang Kristen Orang Kristen Disebut Orang-orang Percaya Kis ...

Topik Teologia: Kis 5:14 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Bagian dari Komunit...

Topik Teologia: Kis 5:16 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Kis 5:17 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Keinginan Iri Hati dan Cemburu Bil 11:28-30 Bil 12:2 Ayu 5:2 Maz 37:1 Maz 73...

Topik Teologia: Kis 5:19 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Kis 5:20 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Beberapa Orang yang Kepadanya Para Malaikat Baik Menampakkan diri Para Murid ...

Topik Teologia: Kis 5:28 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Berbicara, Berkhotbah,...

Topik Teologia: Kis 5:29 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kita Harus Me...

Topik Teologia: Kis 5:30 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah Nenek Moyang Kita Ezr 7:2...

Topik Teologia: Kis 5:31 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Keilahian Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kud...

Topik Teologia: Kis 5:32 - -- Roh Kudus Roh yang Bersaksi Yoh 15:26 Kis 5:32 Rom 8:16 Ibr 10:15 1Yo 4:2 1Yo 5:6-8 Roh yang Bersaksi Yoh ...

Topik Teologia: Kis 5:38 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Perilaku Manusia ...

Topik Teologia: Kis 5:40 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Berbicara, Berkhotbah,...

Topik Teologia: Kis 5:41 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Menderita Demi Nama-Ny...

Topik Teologia: Kis 5:42 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Mat 1:16 Mat 16:20 Mar 14:61 Luk 2:11 Luk 9:20 Luk 23:2 Luk 23:3...

TFTWMS: Kis 5:1-11 - Batu Yang Tak Terlihat BATU YANG TAK TERLIHAT (Kis 5:1-11) Gereja itu bersatu, dihormati, dan bertumbuh. Iblis tidak bisa menoleransi hal ini! Ia ingin memecah-belah, mempe...

TFTWMS: Kis 5:12-14 - Maju Dengan Kecepatan Penuh MAJU DENGAN KECEPATAN PENUH (Kis 5:12-14) Sebelum kita meninggalkan kisah Ananias dan Safira, paling tidak satu kata perlu dikatakan tentang disiplin...

TFTWMS: Kis 5:12-42 - Hubungan Orang Kristen Dengan Pemerintah 16 HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN PEMERINTAH (Kis 5:12-42) Dalam pelajaran kita sebelumnya, kita telah mempelajari penganiayaan kedua terhadap para r...

TFTWMS: Kis 5:15-16 - Populeritas POPULERITAS (Kis 5:15, 16) Baik kepopuleran maupun kekuasaan para rasul disorot dalam ayat 15 dan 16: ... bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke...

TFTWMS: Kis 5:17-18 - Penjara PENJARA (Kis 5:17, 18) "Akhirnya mulailah Imam Besar 9dan pengikut-pengikutnya, yaitu orang-orang dari mazhab [sekte]10 Saduki,11bertindak sebab...

TFTWMS: Kis 5:19-21 - Proklamasi PROKLAMASI (Kis 5:19-21A) Allah memiliki rencana lain. "Tetapi waktu malam seorang malaikat Tuhan13membuka pintu-pintu penjara itu" dan mem...

TFTWMS: Kis 5:21 - Panik PANIK (Kis 5:21B-25) Begitu para rasul masuk ke dalam Bait Allah, Imam Besar dan sekutunya berkumpul merundingkan peperangan. Sebuah sentuhan humor d...

TFTWMS: Kis 5:26 - Sopan Santun SOPAN SANTUN (Kis 5:26) Sidang itu menyuruh kepala pengawal Bait Allah untuk segera menangkap kembali para rasul. Lagi, adegan ini memiliki sentuhan ...

TFTWMS: Kis 5:27-28 - Tekanan TEKANAN (Kis 5:27, 28) Pihak penangkap tiba di ruang sidang. "Mereka membawa keduanya dan menghadapkan mereka kepada Mahkamah Agama" (ay. 2...

TFTWMS: Kis 5:29 - Prioritas PRIORITAS (Kis 5:29) Sekali lagi tekanan diarahkan kepada para rasul— tekanan yang tak dapat dipercaya. Akankah mereka tetap teguh, atau akankah me...

TFTWMS: Kis 5:30-32 - Pemberitaan PEMBERITAAN (Kis 5:30-32) Mereka lalu menyampaikan pelajaran singkat, yang mencakup poin-poin kunci tentang kematian, kebangkitan, dan permuliaan Yes...

TFTWMS: Kis 5:34-39 - Seorang Farisi SEORANG FARISI (Kis 5:34-39) Orang-orang Saduki, yang memelopori penangkapan para rasul, bisa jadi adalah yang paling merasa terganggu (ay. 1). Kelom...

TFTWMS: Kis 5:41 - Kegembiraan KEGEMBIRAAN (Kis 5:41) Sekali lagi agama Kristen berada dalam titik kritis. Jika saja pemberitaan injil dapat dihentikan oleh pemukulan-pemukulan yan...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) AWAS! DI DEPAN ADA BATU YANG TAK TERLIHAT! (Kis 4:32-5:14) Di dalam suratnya, Yudas memakai banyak metafora penuh warna bagi guru-guru palsu. Satu ya...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 4:32-5:14) Pelajaran bagi kita dari 4:32-5:14 banyak sekali: Allah mau kita tidak egois. Allah mau kita bersatu. Allah mau kita mendu...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "Perjamuan kasih" adalah terjemahan dari agapais, bentuk jamak dari agape, merupakan kata khusus Perjanjian Baru untuk &...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KETIKA MANUSIA BERKATA "TIDAK" DAN ALLAH BERKATA "YA" (Kis 5:12-42) Selama bertahun-tahun, pemerintahan totaliter telah mencoba u...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 5:12-42) Dalam pelajaran kita berikutnya, kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai tantangan untuk mentaati Allah bahkan ketika...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 5:12-42) Sambil mengakhiri pelajaran ini, saya mau kembali ke inti pelajaran ini, perkataan Petrus dan yang lainnya dalam 5:29: "...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Sebagaimana telah dicatat dalam kata pengantar, salah satu tujuan Lukas dalam Kisah tampaknya untuk memperlihatkan bahwa yang meny...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Keluaran 20:13. Sudah tentu, pembunuhan telah melanggar kehendak Allah jauh sebelum Sepuluh Perintah diberikan (Kejadian 4:8-15). ...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 1.31 detik
dipersembahkan oleh YLSA